Spesifikasi mobil termahal di dunia terlalu hebat?

Dalam dunia lelang, mobil-mobil tak jarang terjual miliaran atau bahkan puluhan miliar rupiah.
Mobil-mobil ini biasanya klasik -dibuat puluhan tahun yang lalu dengan edisi terbatas- pernah menang lomba balap bergengsi atau pernah dimiliki selebriti terkenal.
Namun memproduksi mobil dengan harga yang biasanya dipatok untuk sebuah kapal pesiar atau vila mewah di kawasan wisata Côte d'Azur, Prancis, agaknya menimbulkan pertanyaan.Untuk Bugatti Chiron, bukanlah hal yang memalukan bagi perusahaan Prancis -yang sebelumnya memproduksi Veyron- saat mengumumkan harganya mencapai US$2,6 juta atau setara Rp33,7 miliar.
Sebaliknya, bagi Bugatti dan konsumen utamanya, harga adalah sebuah titik kebanggaan -berlebihan tapi sama mempesonanya dengan spesifikasi mobilnya.

Kecepatan maksimal 420 km/jam

Sekitar pertengahan 2017 mendatang, ketika 500 Bugatti Chirons ke luar dari pabriknya di Molsheim, pembeli akan bisa mengetahui tiga hal.

Ketiganya adalah: tenaga terkuat, tercepat dari semua yang beroda empat, dan paling eksklusif. Bagi Bugatti, itulah yang tepat.
Dan memang mesinnya amat kuat: dengan berat 2 ton lebih -jika tangki bensin penuh- sumber tenaga Bugatti berupa mesin turbo 8 liter W16 bisa memacunya hingga mencapai kecepatan 261 mil/jam atau 420 km/jam.
Pada setiap roda dilengkapi tiga saluran udara yang difungsikan untuk mendinginkan rem.
Sama sepertinya pendahulunya, Veyron, Chiron juga memakai sistem empat gardan atau keempat menjadi penggerak mobil.
Bugatti, yang kini masuk dalam grup otomotif Jerman Volkswagen, mengklaim Chiron bisa digenjot dari kecepatan nol ke 100 km/jam hanya dalam waktu 2,5 detik, sementara dari nol ke 300 km/jam bisa ditempuh dalam waktu 13,5 detik.Dalam keadaan normal para pemilik harus menghidupkan fitur pembatas kecepatan (speed limiter) agar tak tergoda memacu kendaraan di jalanan yang ramai.

Diproduksi terbatas

Kalau situasi memungkinkan –dan siapa yang tak tergoda memacu mobil monster ini- fitur tersebut bisa dimatikan yang membuat Chiron bisa menembus kecepatan 270 mil/jam atau 434,5 km/jam.
Dengan kemampuan seperti ini, tak berlebihan model Bugatti ini diberi nama Chiron, yang diambil dari nama pembalap Prancis, Louis Chiron, yang tampil di berbagai Grand Prix pada 1940-an.Bugatti memang identik dengan mobil berkecepatan tinggi dengan produksi mobil balap Type 35 sekitar 90 tahun lalu.
Dalam rentang hampir satu abad, mobil Bugatti mengalami evolusi, dari mobil dengan 130 tenaga kuda menjadi monster modern dengan kekuatan 1.500 tenaga kuda.
Tapi apakah grup Volkswagen, yang memproduksi mobil sehari-hari, memerlukan mobil halo atau yang dirancang khusus dan terbatas.
Chiron -dan pendahulunya, Veyron- memberi kepada perusahaan sebuah pelantar untuk mengeksplorasi dan mengkaji maeri dan teknologi canggih, mulai dari teknologi ban, strategi manajemen bahan bakar, aerodinamika landasan, maupun sistem perlindungan penumpang. Pengembangan materi dan teknologi itu akan berperan dalam masa depan mobil sehari-hari.
Bugatti Chiron kelak hanya diproduksi 500 unit karena untuk sekelompok kecil orang yang punya uang berlebih saja, tapi itu lebih banyak dari Veyron, yang dulu diproduksi 450 unit.
Meski dibuat dalam jumlah yang sangat terbatas, tak diragukan lagi pengaruh Bugatti bagi dunia otomatif jelas tidak kecil.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...